Monday, May 27, 2013

PERLUKAH GIGI SUSU DIRAWAT



Perawatan Gigi Anak  (Gigi susu) ?.
Ketika bayi baru lahir tidak ada gigi yang terlihat dimulutnya, tetapi gigi yang pertama terbentuk masih didalam tulang rahang dibawah gusi. Kelenjar ludah belum terbentuk sampai enam bulan dan ketika bayi mulai mengeluarkan air liur lebih, hal itu tidak berarti bahwa gigi bayi mulai muncul. Bagaimanapun juga, penampakkan gigi bayi pertama sekitar 5,5 – 6 bulan biasanya terjadi pada permulaan keluar dan meneteskan air liur. Itulah sebabnya mengapa sebaiknya tidak memberikan makanan yang keras pada bayi anda secara teratur sampai saat ini. Bukan karena bayi tidak dapat mengunyahnya tanpa gigi, tetapi karena mereka mungkin tidak memiliki air liur yang cukup untuk membasahinya dan memungkinkan mereka untuk menelannya dengan enak.

Gigi yang sedang tumbuh mungkin dapat memberikan rasa tidak nyaman karena gigi memecah gusi, dapat terlihat benjolan pada gusi yang tampak berwarna merah. Pipi bayi juga menjadi merah dan terasa panas. Tetapi segera sembuh dari rasa sakit itu sampai keluarnya gigi. Biasanya ini terjadi pada bayi yang berumur dua tahun.
Ibu seharusnya tidak membandingkan waktu pemunculan dan pergantian gigi anak – anaknya dengan anak tetangga atau temannya. Ada perbedaan yang jauh dan pemunculan gigi yang terlalu dini atau terlambat biasanya sangat sedikit berarti. Jika gigi pertama anak teman anda tumbuh pada usia lima bulan dan anak anda belum menunjukkan tanda – tanda apapun hingga usia delapan bulan, hal ini tidak berarti bahwa bayi itu lebih maju dari yang lain. Ini hanyalah sebagian perbedaan hidup. Tidak ada alasan penting untuk merasa resah atas sesuatu seperti itu.
Salah satu yang menjadi penyebab utama dari kakhawatiran itu adalah gigi kedua anak tumbuh dibelakan gigi yang pertama yang masih ada. Ini sering terjadi dan tidak perlu dikhawatirkan.  Gigi decidui (gigi susu) akan segera lepas dan posisinya diganti dengan gigi permanen (gigi tetap) yang ada dibelakangnya, inilah yang biasa terjadi dalam kebanyakan kasus.
Menyusui :
Para dokter lebih suka agar seorang ibu menyusui bayinya yang baru lahir. Ada banyak alasan untuk hal ini, yang paling penting adalah bahwa dengan demikian bayi mendapatkan kekebalan yang didapat dari ibunya untuk melawan berbagai penyakit. Faktor-faktor kekebalan dimasukkan kedalam susu sehingga bayi mendapatkan daya tahan tambahan selama hidup pada minggu  – minggu pertama.
Dari pandangan yang berhubungan dengan gigi, semua bahan gizi yang cocok ada dalam susu ibu sehingga rahang dan gigi dapat berkembang dengan memuaskan. Kegiatan mengisap adalah sesuatu yang sangat penting bagi pertumbuhan yang sempurna. Ada gerakan lidah yang kuat dan tekanan rahang dan bibir dan selanjutnya didorong oleh apa yang diperbuat anak untuk mendapatkan susu. Sayangnya kebanyakan botol untuk bayi tidak memberikan tekanan untuk membentuk rahang dan air susu didapat dengan amat mudah, kurang menghasilkan daya rangsang bagi pertumbuhan. Pendapat penting lainnya adalah adanya sejumlah persoalan yang menyangkut pemberian makan melalui botol, persiapan formula susu, sterilisasi dan persiapan botol dan selanjutnya pembersihan dengan hati – hati.
Akan tetapi untuk satu alasan atau alasan lainnya, beberapa ibu tidak mungkin menyusui dan dengan alasan itu juga maka bootol susu akan menjadi pengganti yang memadai jika botol itu dipilih dan dirawat dengan hati – hati.  
Ketika anak tumbuh besar, giginya mulai muncul dan harus dibersihkan oleh ibunya atau orang tua lainnya. Anak dibawah umur tujuh tahun belum dapat menyikat gigi secara benar dan efektif, tetapi membiarkannya untuk mencoba setiap hari adalah latihan yang bermanfaat, biarkan mereka memegang sikat sendiri kemudian orang tua menindaklajuti untuk meyakinkan bahwa hasil yang bermanfaat itu telah diperoleh.

Diambil dari beberapa sumber, diantaranya :
Aziz Ahhmad Srigupta, 2004. Perawatan Gigi dan Mulut

No comments:

Post a Comment