Saturday, May 25, 2013

Komposisi, Kandungan Plak Gigi



Komposisi  PLAK Gigi . . . .  . . . .

Komposisi plak masak.
Hampir 70 % plak terdiri dari mikrobial dan sisa – sisa produk ekstraseluler dari bakteri plak, sisa sel dan derivat glikoprotein. Protein, karbohidrat, dan lemak juga dapat ditemukan disini. Karbohidrat yang paling sering dijumpai adalah produk bakteri dekstran; juga levan dan galaktose. Komponen anorganik utama adalah kalsium, fosfor, magnesium, potasium, dan sodium. Kandungan garam anor ganik tertinggi pada permukaan lingual incisivus bawah. Ion kalsium ikut membantu perlekatan antar bakteri dan antara bakteri dengan pelikel.


Deposisi plak dan asupan makanan.
Plak akan terbentuk pada manusia dan hewan yang makanannya melalui lambung, walaupun dalam jumlah yang kecil. Disini masih diperdebatkan apakah frekuensi makanan atau jumlah asupan makanan mempengaruhi jumlah deposit plak. Meskipun demikian, plak bakteri memang menggunakan nutrien yang dapat berdifusi dengan mudah kedalam plak, misalnya larutan gula, sukrosa, fruktosa, glukosa, maltosa dan laktosa. Serat mungkin juga berfungsi sebagai substrat bakteri.
Dekstran adalah produk bakteri ekstrseluler yang terpenting, karena relatif tidak larut dan mempunyai sifat adhesif. Desktran dapat diproduksi dari sukrosa didalam makanan dan mempunyai deposisi plak dan metabolisme. Plak terbentuk lebih cepat selama tidur dari pada setelah makan karena aksi mekanis dari pengunyahan makanan ditambah dengan aliran saliva yang terstimulir akan menghalangi deposisi plak. Makanan yang keras, kasar dan berserat juga menghalangi pembentukkan plak dan fakta ini sudah diteliti pada produksi plak eksperimental.

Diambil dari beberapa sumber, diantaranya : 1993, Manson & Eley ;  terj. Buku Ajar Periodonti

No comments:

Post a Comment