Friday, May 3, 2013

Pengertian Gingiva dan Tanda Gingiva Sehat (Gusi)

Pengertian Gingiva dan Tanda Gingiva Sehat (Gusi). 
Pengertian gingiva atau definisi gingiva adalah mukosa rongga mulut yang mengelilingi gigi dan menutupi lingir (ridge) alveolar. Merupakan bagian dari aparatus pendukung gigi, periodontium, dan dengan membentuk hubungan dengan gigi. Fungsi gingiva adalah melindungi jaringan di bawah perlekatan gigi terhadap pengaruh lingkungan rongga mulut. Gingiva tergantung pada gigi – geligi, bila ada gigi – geligi, gingiva juga ada dan bila gigi dicabut gingiva akan hilang. 

Seperti semua jaringan vital lainnya, gingiva dapat beradaptasi terhadap perubahan lingkungan, dan rongga mulut yang merupakan bagian pertama dari saluran pencernaan dan daerah awal masuknya makanan dalam sistem pencernaan dapat dianggap sebagai lingkungan yang relatif “ramah”. Jaringan rongga mulut terpapar terhadap sejumlah besar stimulus. Temperatur dan konsentrasi makanan dan minuman, komosisi kimiawi, asam dan basa sangat bervariasi. Jumlah bakteri di dalam mulut cukup besar dan variasinya tidak mungkin didefinisikan secara akurat, selain itu rongga mulut kuga terpapar terhadap trauma dan iritasi dan manipulasi gigi dan kita hanya dapat mengagumi ketahanan mukosa mulut dan efisiensi mekanisme pertahanan gingiva, yang mencakup : 1) aliran saliva dan kandungan saliva, 2) pergantian sel dan deskuamasi permukaan, dan 3) aktifitas mekanisme imun. 
Pertautan antara gigi dan mukosa mulut, yang disebut sebagai pertautan dentogingival adalah unik dan sangat peka. Ini adalah satu – satunya perlekatan pada tubuh dantara jaringan lunak dan kasifikasi yang terpapar terhadap lingkungan eksternal. Pertautan ini merupakan jaringan yang sangat dinamis dengan mekanisme perlindungannya sendiri. Tanda gingiva yang sehat berwarna merah muda, tepinya seperti pisau atau scallop agar sesuai dengan kontur gigi - geligi. Warnanya dapat bervariasi tergantung pada jumlah pigmen melamin pada epitelium, derajat keratinasi epitelium dan vaskularisasi dan sifat fibrosa dari jaringan ikat dibawahnya. 
Diambil dari beberapa sumber, diantaranya : Manson & Eley ; terj. Buku Ajar Periodonti

No comments:

Post a Comment