Wednesday, May 22, 2013

PENGERTIAN SEHAT



KONSEP tentang SEHAT

Pada hakekatnya sehat atau kesehatan dapat diartikan sebagai kondisi yang normal dari kehidupan manusia. Kesehatan merupakan hak azasi setiap manusia yang dibawa sejak lahir. Hidup sehat adalah hidup yang mengikuti hukum alam atau cara – cara alamiah, baik dari segi fisik, kejiwaan dan lingkungan hidupnya. 

Sehat atau kesehatan sering kali dianggap sebagai sesuatu yang sudah dengan sendirinya begitu. Orang merasa tidak perlu memikirkan sampai kesehatannya direnggut, sehingga jatuh sakit. Selama dalam keadaan sehat, maka selalu ada kebutuhan lainnya yang dirasa lebih penting dan kondisi sehat atau kesehatannya dapat diabaikan.

Pengertian sehat :
Sebetulnya belum ada batasan untuk “sehat” yang sudah disepakati bersama oleh semua pihak. Dalam pengertian awam, “sehat” berarti badan sehat, dengan jiwa yang sehat dalam keluarga yang sehat dan lingkungan yang sehat.
Batasan sehat menurut WHO (1948) adalah : sehat adalah kondisi fisik, mental dan sosial yang sempurna dan bukan sekedar tidak sakit atau cacat.
Menurut UU.RI. No. 36, tahun 2009 : Kesehatan adalah keadaan sehat, baik secara fisik, mental, spiritual maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomis.

Sehat fisik :
Dapat diartikan sebagai kondisi badan yang serasi dengan tanda – tanda utama kulit bersih, mata bersinar, rambut subur, otot – otot badan kuat, tidak terlalu gemuk, nafas yang segar, nafsu makan baik, tidur yang nyenyak, buang air besar dan kecil yang teratur, dan gerakan badan yang supel, mudah dan terkoordinasi, semua organ badan dalam ukuran yang sebanding dan berfungsi normal, semua alat indra berfungsi lengkap, denyut nadi dan tekanan darah dalam keadaan istirahat dan dalam gerakan ada dalam batas – batas normal menurut umur dan jenis kelaminnya.
Pada usia anak dan remaja yang sedang tumbuh dan berkembang, berat badan akan bertambah sampai mencapai ukuran dewasa pada umur 25 tahun.

Sehat Mental :
Dalam badan yang sehat terletak jiwa yang kuat, sehat fisik dan mental adalah dua hal yang tidak terpisahkan.
Kriteria sehat mental :
1.      Harus merasa puas dengan dirinya sendiri, merasa bhagia, gembira dan tenang. Tidak konflik dan tidak menyalahkan diri sendiri.
2.      Harus dapat menyesuaikan diri dengan orang lain dalam lingkungannya.
3.      Dapat menerima kritik dan tidak lekas tersinggung
4.      Mengerti perasaan orang lain dan mempunyai timbang rasa yang wajar
5.      Mengendalikan diri dengan baik
6.      Tidak emosional
7.      Tidak mudah tercekam oleh rasa takut yang berlebihan, rasa marah, rasa iri, rasa dosa dan keraguan
8.      Dapat menghadapi masalah hidup sehari – hari, mengatsinya secara wajar.

Sehat Sosial :
Sehat sosial menekankan pada kemampuan untuk hidup bersama dengan masyarakat dilingkungannya dengan penuh kebersamaan, tolong menolong, salingmenghormati dan saling menghargai. Hidup bersama ini untuk saling memenuhi kebutuhan  hidup yang menunjang kesehatan itu sendiri.

Sehat Spiritual :
Manusia sebagai makhluk yang berbudaya dan berakal akan merasakan ketidaklengkapan dari cara hidupnya tanpa pegangan sesuatu yang bukan fisik, mental atau sosial, tapi super natural.
Sehat spiritual adalah penting untuk mesyakat Indonesia yang ajaran hidupnya adalah Pancasila, dimana sila pertamanya “Ketuhanan Yang Maha Esa”

Konsep Spektrum Kesehatan :
Sehat tidak dapat diartikan sebagai sesuatu yang statis menetap pada suatu kondisi, tapi ia harus dipandang sebagai fenomena yang dinamis. Kondisi sehat dapat berfluktuasi dalam batas jarak (range) mulai dari maksimum ke optimum sampai minimum.
Kondisi sehat berspektru luas dan bervariasi dari batasan sehat sempurna sebagaimana didefinisikan oleh WHO sampai ke titik terendah yaitu keadaan kritis diambang maut atau kematian.
Keadaan kesehatan seseorang pada suatu saat tidak lain adalah suatu titik dalam spektrum tadi dapat bergerak kearah yang baik maupun kearah yang buruk. Keadaan tersebut tidak pernah statis bertahan pada satu kondisi (titik)tertentu saja.
Dalam pengertian spektrum kesehatan, maka sehat didefinisikan sebagai : kondisi yang fleksibel antara badan dan mental yang harus dijabarkan dalam bentuk batas jarak (range) dimana seseorang akan berfluktuasi atau berayun mendekati atau menjauhi puncak kebahagiaan hidupnya dari kondisi secara fisik, mental, sosial, emosional dan spiritual, hal mana bergantung pada keadaan lingkungan, umur, jenis kelamin dan ciri – ciri biologis lainnya sebagai hasil pengaruh rangsang dari luar maupun dari dalam, dengan mana ia dapat kembali ke keadaan semua tanpa bantuan dari luar.
Selanjutnya dalam pengertian sehat sebagai seuatu spektrum, Perkin mendefinisikan sehat sebagai : keadaan keseimbangan yang dinamis dari badan dan fungsi-fungsinya sebagai hasil dari penyesuaian yang dinamis terhadap kekuatan-kekuatan yang cenderung untuk merusak atau mengganggunya. Keadaan tersebut bukan suatu hubungan yang pasif antara badan atau fisik seseorang dengan kekuatan-kekuatan yang mengenainya, tapi merupakan respon aktif dari kekuatan badan yang bekerja kearah penyesuaian.

Diambil dari berbagai sumber diantaranya :
Budioro, 2000;Ilmu Kesehatan Masyarakat
Undang – undang RI No. 39 tahun 2009; tentang Kesehatan.

No comments:

Post a Comment