Friday, May 24, 2013

LEPRA



Penyakit Lepra, gigi dan mulut.

Pengertian Penyakit Lepra, adalah penyakit infeksi granulomata yang sedikit contagioes infectious yang disebabkan karena mycobacterium leprae.

Penyakit ini berjalan lambat tetapi menyebabkan kerusakan jaringan yang progresif karena adanya infiltrasi dari granulasi yang mengakibatkan ulcerasi, deformasi dan anaesthesi dari bagian yang terserang.
Penyakit ini terutama terdapat di daerah tropis dan karakteristik dengan adanya acute exacerbasi dan remisi yang spontan. Tiap kali serangan menghasilkan kerusakan yang melanjut, luka dan deformasi dari bagian yang terserang. Pederita tidak selalu mengeluh rasa sakit.
Diagnosa ditentukan dengan gambaran klinis dari lesi, adanya mikroorganisme mybacterium leprae dari kultur dan biopsy.

Oral aspek ;
Daerah yang sering terkena ; palatum durum, bibir, lidah. Lesi dimulut napak seperti tumor massa yang kecil sebagai nodular leprosy yang sering memecah dan menjadi luka, karena trauma atau infeksi hypertrohis, mudah berdarah, gigi menjadi goyang dan sebagian terbenam dijaringan yang hypertrophy dan ludah mengental. Resorbsi tulang terjadi dibawah gigi yang terkena. Lidah menunjukkan adanya permukaan yang jauh terlihat kedalam dan kemudian terjadi deformasi karena adanya cicatrix. Demikian juga didaerah bibir luka lepra dapat menghasilkan mubang yang menyerupai lubang kancing.
Nervus facialis dan nervus cranialis mudah terkena sehingga terjadi facial paralyse yang biasanya bilateral. Otot – otot muka, bibir dan palatum molle menjadi parathesi tetapi otot pengunyahan tidak.


Diambil dari beberapa sumber, diantaranya :
Mudiyah Mokhtar, 1978. Ilmu Penyakit Mulut dan Gigi
Manson & Eley, 1993;  terj. Buku Ajar Periodonti

No comments:

Post a Comment