Saturday, May 25, 2013

Pengertian, Definisi Plak Gigi





Plak gigi memegang peranan penting dalam proses karies gigi dan inflamasi jaringan lunak sekitar gigi. Plak adalah suatu lapisan lunak yang terdiri atas kumpulan mikroorganisme yang berkembang biak diatas suatu matriks yang terbentuk dan melekat erat pada permukaan gigi yang tidak dibersihkan.

Plak sangat tipis, baru terlihat setelah dilakukan pewarnaan, dan plak tidak dapat dibersihkan hanya dengan berkumur-kumur, semprotan air atau udara tetapi plak dapat dibersihkan secara mekanis yaitu membersihkan plak dengan menyikat gigi.


Dalam waktu beberapa menit setelah terdepositnya pelikel, pelikel akan terpopulasi dengan bakteri. Bakteri dapat terdeposit langsing pada email tetapi biasanya bakteri melekat terlebih dahulu pada pelikel dan agregat bakteri bapat menyelubungi glikoprotein saliva. Diet makanan keras dan berserat, permukaan oklusal dan daerah kontak umumnya sangat aus sehingga deposisi bakteri minimal. Bila digunakan diet lunak, gigi hanya aus sedikit atau bahkan tidak aus sama sekali dan deposisi bakteri akan berlangsung dengan mudah. Akumulasi bakteri terbesar terlihat pada daerah yang terlindung dari friksi fungsional dan sapuan lidah. Daerah inter dental dibawah titik kontak merupakan daerah ketebalan plak terbesar.


Diambil dari beberapa sumber, diantaranya : 1993, Manson & Eley ;  terj. Buku Ajar Periodonti

No comments:

Post a Comment