Thursday, May 16, 2013

Perilaku PHBS



HAKEKAT  PERILAKU 

Pengertian Perilaku ; adalah sesuatu yang rumit. Perilaku individu berkaitan dengan faktor-faktor pengetahuan dan sikap individu. Perilaku juga menyangkut dimensi kultural yang berupa sistem niali dan norma.

Pengertian Sistem Nilai adalah acuan tentang hal-hal yang dianggap baik atau buruk. Pengertian Norma adalah aturan tidak tertulis yang disebut norma sosial dan aturan tertulis yang disebut norma hukum. Selain itu perilaku juga berkaitan dengan dimensi ekonomi dan hal lain yang merupakan pendukung perilaku. Perilaku seseorang, selain dipengaruhi oleh pengetahuan dan sikapnya, memiliki acuan kepada sistem nilai dan norma yang dianutnya. Dengan kata lain, sistem nilai dan norma merupakan rambu – rambu bagi seseorang untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu.
Sistem nilai dan norma dibuat oleh masyarakat disuatu tatanan untuk dianut oleh individu – individu anggota masyarakat. Inilah yang juga disebut sebagai faktor predisposisi.
Namun demikiansisitem nilai dan norma, sebagai sistem sosial, adalah sesuatu yang dinamis. Artinya, sistem nilai dan norma suatu masyarakat akan berubah mengikuti perubahan – perubahan lingkungan dari masyarakat yang bersangkutan. Jadi, antara sisitem nilai dan norma disatu pihak dengan individu – individu masyarakat di pihak lain, terdapat hubungan timbal balik sistem nilai dan norma mempengaruhi perilaku individu, perilaku individu yang berubah akan dapat engubah sistem nilai dan norma.
Untuk sistem nilai dan norma yang sesuai dengan kaidah-kaidah kesehatan perlu diupayakan terpeliharanya sistem nilai dan norma tersebut. Sedangkan untuk sistem nilai dan norma yang tidak sesuai dengan kaidah kesehatan, perlu dilakukan upaya guna mengubah sistem nilai dan norma trsebut melalui perubahan perilaku individu – individu anggota masyarakat. Individu – individu anggota masyarakat yang meiliki potensi besar untuk mengubah sistem nilai dan norma adalah mereka yang disebut dengan pemuka masyarakat atau tokoh masyarakat baik yang formal maupun yang informal. Pemuka masyarakat formal mencakup para petugas atau pejabat kesehatan dan mereka yang menduduki posisi normal (resmi) dalam organisasinya. Pemuka masyarakat informal adalah mereka yang tidak menduduki posisi formal dalam organisasi, tetapi memiliki pengaruh individual terhadap masyarakat oleh sebab keahlian, pengalaman, keturunan, karisma dan lain – lain.
Mereka inilah yang berperan sebagai faktor pendorong bagi terjadinya perubahan perilaku masyarakat.
Akan tetapi perilaku juga menyangkut dimensi ekonomi, termasuk tersedianya sarana dan prasarana. Seseorang yang sudah mau berperilaku tertentu tidak pernah mempraktekkan perilaku itu karena tidak adanya kemampuan secara ekonomis atau tidak tersedianya sarana. Sarana dan prasarana ini sering pula disebut sebagai faktor pendukung bagi terjadinya perubahan perilaku masyarakat. Oleh karena itu agar perilaku dari sasaran primer disetiap tatanan dapat tercipta dan berkesinambungan diperlukan dukungan perilaku dari sasaran skunder dan sasaran tersier di setiap tantanan yang bersangkutan. Sasaran sekunder harus berperilaku ang dapat menciptakan suasana kondusif dan lingkungan sosial yang mendorong bagi tercipta dan berkesinambungannya perilaku sasaran primer. Sasaran sekunder juga diharapkan berperilaku sebagai panutan dalam rangka mempraktekkan PHBS. Sedangkan sasaran tersier harus berperilaku memberikan dukungan, baik material maupun non material, bagi tercipta dan berkesinambungannya perilaku sasaran primer. Dukungan tersebut antara ain dalam bentuk menetapkan dan memberlakukan kebijakan atau peraturan sebagai acuan dan rambu bagi pembinaan PHBS di tatanan dan juga menyediakan sarana sebagai faktor pendukung seperti misalnya tempat sampah, air bersih, jamban sehat, kantin sehat, perlengkapan kesehatan kerja dan lain – lain.





Diambil dari berbagai sumber, diantaranya :
Permenkes RI, No : 2269/MENKES/PER/XI/2011; tentang : Pedoman Pembinaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).
Atikah Proverawati dan Eni Rahmawati, 2012. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)

No comments:

Post a Comment