Friday, May 24, 2013

ACTINOMYCOSIS




Penyakit Actinomycosis, gigi dan mulut.
Pengertian penyakit actinomycosis adalah penyakit infeksi kronis yang membentuk granuloma, disebabkan oleh mikroorganisme actinomycotes. Actinomycotes dulu dianggap sebagai jamur. Terdapat di rumput, di biji-bijian atau di mulut. Penyakit ini sering terdapat pada binatang ternak dan actinomycetes pada kuman kebanyakan terdapat pada petani, selain didaerah servico facial, actinomycosis ini juga menyerang gastrointestinal dan thorax dimana diagnosa untuk ini lebih sukar ditentukan tanpa menemukan actinomycetes yang menjadi penyebab penyakit ini.

Oral Aspek :
60 % dari penyakit ini terdapat di daerah servico fasial dimana biasanya 20 % didahului dengan pencabutan gigi. Luka dari jaringan mukosa mulut ini menyebabkan mikroorganisme yang sudah ada di mulut aktif. Dahulu terutama dianggap pada orang yang mempunyai kebiasaan menggigit rumput atau pada orang yang bergaul dengan binatang ternak.
Daerah submaksila adalah daerah yang paling sering dikenai penyakit ini. Kemudian lidah, pipi dan daerah muskulus maseter.

Tanda – tanda penyakit actinomycosis :
Adanya benjolan ang keras dan trismus terutama jika sudah dilakukan pencabutan gigi. Benjolan yang seperti tumor mengeras dan kemudian memecah kengan mengeluarkan cairan yang kekuning – kuningan mengandung butir – butir sulfur. Biasanya memerlukan waktu 6 minggu lebih dari terjadinya pembengkakan sampai keluarnya cairan. Cairan ini keluar melaui fistel yang banyak (multiple fistel). Jaringan disekitar fistel ini biasanya menjadi amat keras, dan kulit disekeliling fistel berwarna keunguan, tidak disertai sakit yang akut.

Diambil dari beberapa sumber, diantaranya :
Mudiyah Mokhtar, 1978. Ilmu Penyakit Mulut dan Gigi
Manson & Eley, 1993;  terj. Buku Ajar Periodonti

No comments:

Post a Comment