Wednesday, May 29, 2013

PENGERTIAN, GERAKAN PEMBERDAYAAN, BINA SUASANA, ADVOKASI, DAN KEMITRAAN DALAM STRATEGI PEMBINAAN PHBS



STRATEGI PEMBINAAN PHBS

Strategi pokok yang harus dilaksanakan dalam promosi kesehatan adalah advokasi, bina suasana, dan pemberdayaan.
Ketiga strategi tersebut dilaksanakan dalam bentuk tindakan / aksi sebagai :

a.       Healthy public policy ; mengembangkan kebijakan yang berwawasan kesehatan
b.      Supportive environment ; menciptakan lingkungan yang mendukung
c.       Community action ; memperkuat gerakan masyarakat
d.      Personal skills ; mengembangkan kemampuan individu
e.       Reorient health services ; menata kembali arah pelayanan kesehatan
Strategi pokok tersebut diformulasikan sebagai “gerakan pemberdayaan yang didukung oleh bina suasana dan advokasi serta dilandasi oleh semangat kemitraan”

1.      Gerakan Pemberdayaan.
Pengertian Pemberdayaan merupakan bagian yang sangat penting dan bahkan dapat dikatakan sebagai ujung tombak dalam upaya promosi kesehatan. Pemberdayaan merupakan proses memosisikan masyarakat agar memiliki peran yang besar dalam pengambilan keputusan dan penetapan tindakan yang berkaitan dengan kesehatan.
Pemberdayaan adalah proses pemberian informasi kepada individu, keluarga atau kelompok (sasaran) secara terus – menerus dan berkesinambungan mengikuti perkembangan sasaran, serta proses membantu sasaran, agar sasaran tersebut berubah dari tidak tahu menjadi tahu atau sadar (aspek Knowledge), dari tahu menjadi mau (aspek attitude), dan dari mau menjadi mampu melaksanakan perilaku yang diperkenalkan (aspek practice).
Sasaran pemberdayaan :
·         Individu
·         Keluarga
·         Kelompok / masyarakat.
Dalam mengupayakan agar sasaran tahu dan sadar, kuncinya terletak pada keberhasilan membuat sasaran tersebut memahami bahwa suatu masalah adalah masalah baginya dan juga bagi masyarakat. Sepanjang sasaran yang bersangkutan belum mengetahui dan menyadari bahwa sesuatu itu merupakan masalah, maka sasaran tersebut tidak akan bersedia menerima informasi apapun lebih lanjut. Saat sasaran telah menyadari masalah yang dihadapinya, maka kepanya harus diberikan iinformasi umum lebih lanjut tentang masalah yang bersangkutan.
Perubahan dari tahu ke mau pada umumnya dicapai dengan menyajikan fakta-fakta dan mendramatisasi masalah. Tetapi selain itu juga dengan mengajukan harapan bahwa masalah tersebut bisa dicegah dana atau diatasi.
Bilamana seorang individu atau keluarga sudah akan berpindah dari mau ke mampu , boleh jadi akan terkendala oleh dimensi ekonomi. Dalam hal ini kepada yang bersangkutan dapat diberikan bantuan langsung. Tetapi yang seringkali dipraktekkan adalah dengan mengajarkan kedalam proses pemberdayaan kelompok / masyarakat melalui pengorganisasian masyarakat (community development). Individu dan keluarga yang telah mau, dihimpun dalam suatu kelompok untuk bekerjasama memecahkan kesulitan yang dihadapi. Hal – hal yang akan diberikan kepada masyarakat oleh program kesehatan dan program lain sebagai bantuan, hendaknya disampaikan pada fase ini. Bantuan hendaknya sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat.
Pemberdayaan akan lebih berhasil jika dilaksanakan melalui kemitraan serta menggunakan merode yang tepat. Pada saat ini banyak dijumpai lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang bergerak di bidang kesehatan atau peduli terhadap kesehatan. LSM ini harus digalang kerjasamanya, baik diantara mereka maupun antara LSM dengan pemerintah, agar upaya pemberdayaan masyarakat dapat berguna dan berhasilguna.

2.      Bina Suasana.
Pengertian Bina Suasana adalah upaya menciptakan lingkungan sosial yang mendorong individu anggota masyarakat untuk mau melakukan perilaku yang diperkenalkan. Seseorang akan terdorong untuk mau melakukan sesuatu apabila lingkungan sosial dimanapun ia berada (keluarga di rumah, organisasi siswa / mahasiswa, serikat pekerja / karyawan, orang-orang yang menjadi panutan / idola, kelompok arisan, mejelis agama dan bahkan masyarakat umum) menyetujui atau mendukung perilaku tersebut. Oleh karena itu untuk memperkuat proses pemberdayaan, khususnya dalam upaya meningkatkan para individu dari fase tahu ke fase mau, perlu dilakukan bina suasana.

Terdapat tiga proses bina suasana :
a.      Bina Suasana Individu.
Bina suasana individu dilakukan oleh indvidu – individu tokoh masyarakat. Dalam katagori ini tokoh – tokoh masyarakat menjadi individu – individu panutan dalam hal perilaku yang sedang diperkenalkan.

b.      Bina Suasana Kelompok.
Bina suasana kelompok dilakukan oleh kelompok – kelompok dalam masyarakat. Kelompok tersebut menjadi kelompok yang peduli terhadap perilaku yang sedang diperkenalkan.

c.       Bina suasana Publik
Bina suasana publik dilakukan oleh masyarakat umum melalui pengembangan kemitraan dan pemanfaatan media komunikasi. Dalam katagori ini media massa peduli dan mendukung perilaku yang sedang diperkenalkan.


3.      Advokasi.
Pengertian Advokasi adalah upaya atau proses yang strategis dan terencana untuk mendapatkan komitmen dan dukungan dari pihak – pihak terkait (stake holeders).
Perlu disadari bahwa komitmen dan dukungan yang diupayakan melalui advokasi jarang diperoleh dalam waktu singkat.
Pada diri sasaran advokasi umumnya berlangsung tahapan :
a.       Mengetahui atau menyadari adanya masalah
b.      Tertarik untuk ikut mengatasi masalah
c.       Peduli terhadap pemecahan masalah dengan mempertimbangkan berbagai alternatif pemecahan masalah
d.      Sepakat untuk memecahkan masalah dengan memilih salah satu alternatif pemecahan masalah
e.       Memutuskan tindak lanjut kesepakatan
Bahan – bahan advokasi harus disiapkan :
a.       Sesuai minat dan perhatian sasaran advokasi
b.      Memuat rumusan masalah dan alternatif pemecahan masalah
c.       Memuat peran si sasaran dalam pemecahan masalah
d.      Berdasarkan kepada fakta atau evidence-based
e.       Dikemas secara menarik dan jelas
f.       Sesuai dengan waktu yang tersedia
Sebagaimana pemberdayaan dan bina suasana, advokasi juga akan efektif bila dilaksanakan dengan prinsip kemitraan, yaitu dengan membentuk jejaring advokasi atau forum kerjasama, dengan melibatkan kelompok – kelompok dalam masarakat.

4.      Kemitraan.
Kemitraan harus digalang dalam rangka pemberdayaan maupun bina suasana dan advokasi guna membangun kerjasama dan mendapatkan dukungan. Dengan demikian kemitraan perlu digalang antar individu, keluarga, pejabat atau instansi pemerintah yang terkait dengan urusan kesehatan (lintas sektor), pemuka atau tokoh masyarakat, media massa dan lain-lain. Kemitraan yang digalang harus berlandaskan pada tiga prinsip dasar :
a.       Kesetaraan
b.      Keterbukaan
c.       Saling menguntungkan.
Diambil dari berbagai sumber, diantaranya :
Permenkes RI, No : 2269/MENKES/PER/XI/2011; tentang : Pedoman Pembinaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

No comments:

Post a Comment