Saturday, June 29, 2013

SIKAP DALAM KESEHATAN

PERILAKU KESEHATAN : Sikap Manusia
Pengertian :
Sikap adalah suasana batin atau hasil dari proses sosialisasi yaitu reaksi seseorang terhadap rangsangan yang diterimanya (Budiharto, 2010). Menurut Notoatmodjo (2003), Sikap respons seseorang yang masih tertutup terhadap suatu stimulus atau obyek. Sedangkan menurut Krech dan Cruthfield, dalam Wawan dan Dewi (2010) sikap adalah pengorganisasian yang relatif berlangsung lama dari proses motivasi, persepsi dan kognitif yang relatif menetap pada diri individu dalam berhubungan dengan aspek kehidupannya. Sikap individu ini dapat diketahui dari beberapa proses motivasi, emosi, persepsi dan proses kognitif yang terjadi pada diri individu secara konsisten dalam berhubungan dengan obyek sikap.

Manifestasi sikat itu tidak dapat langsung dilihat, tetapi hanya dapat ditafsirkan terlebih dahulu dari perilaku yang tertutup. Sikap secara nyata menunjukkan konotasi adanya kesesuaian reaksi terhadap stimulus tertentu. Dalam kehidupan sehari – hari adalah merupakan reaksi yang bersifat emosional terhadap stimulus sosial. Sikap belum merupakan suatu tidakan atau aktifitas, akan tetapi merupakan “pre disposisi” tidakan atau perilaku. Sikap itu masih merupakan reaksi tertutup, bukan merupakan reaksi terbuka tingkah laku yang terbuka.
Komponen yang membentuk sikap :
1.      Komponen kognitif (komponen perseptual)
Komponen yang berkaitan dengan pengetahuan, pandangan, keyakinan yaitu hal – hal yang berhubungan dengan bagaimana orang mempersepsi terhadap sikap.
2.      Komponen afektif (komponen emosional)
Komponen yang berhubungan dengan rasa senang atau tidak senang terhadap obyek sikap. Rasa senang merupakan hal yang positip, sedangkan rasa tidak senang merupakan hal yang negatif. Komponen ini menunjukkan arah sikap, yaitu positip dan negatip.
3.      Komponen Konatif (komponen perilaku, atau action component)
Komponen yang berhubungan dengan kecenderungan bertindak terhadap obyek sikap. Komponen ini menunjukkan intensitas sikap, yaitu menunjukkan besar kecilnya kecenderungan bertindak atau berperilaku seseorang terhadap obyek sikap.

Diambil dari berbagai sumber, diantaranya :
Budiharto, 2010. Pengantar Ilmu Perilaku Kesehatan dan Pendidikan Kesehatan Gigi.
A.Wawan  dan Dewi M, 2010., Teori Pengukuran Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Manusia.
Soekidjo Notoatmodjo, 2003., Ilmu Kesehtan Masyarakat prinsip – prinsip dasar.



No comments:

Post a Comment