Thursday, June 20, 2013

KLASIFIKASI PENYAKIT

Klasifikasi Penyakit berdasarkan Penyebab menurut Price dan Wilson, 2003.

Penyakit herediter atau familiar ; adalah penyakit yang disebabkan oleh kelainan herediter didalam   kromosom atau gen pada satu atau kedua orang tua yang diturunan pada keturunannya. Kromosum atau gen yang berubah dapat menyebabkan dihasilkannya protein abnormal yang mengakibatkan terganggunya fungsi tubuh yang terpenting.


Penyakit congenital ; penyakit ini terdapat pada saat lahir, beberapa diturunkan sedangkan yang lain dapat disebabkan oleh cacat perkembangan yang asalnya diketahui atau tidak. Tidak semua penyakit herediter adalah kongenital (terdapa saat lahir) dan tidak semua penyakit kongenital adalah herediter.

Penyakit Toxic ; penyakit yang disebabkan oleh ingesti racun

Penyakit infeksi ; adalah penyakit yang diakibatkan dari invasi organisme patogen hidup.

Penyakit traumatik ; penyakit yang disebabkan oleh cedera fisik

Penyakit degeneratif ; kelainan primer adalah degenerasi berbagai bagian tubuh, penyakit degeneratif berkaitan dengan proses penuaan

Penyakit Imunologik ; pada penyakit ini sistem imun secara normal bereaksi melindungi terhadap invasi antigen asing dan kanker. Hiper sensitifitas (alergi), autoimunitas, dan imunodifisiensi merupakan tiga tipe reaksi imun pengaruh yang membahayakan penjamu.

Penyakit Neoplastik ; penyakit ini ditandai dengan pertumbuhan sel yang abnormal yan menyebabkan berbagai jenis tumor jinak dan ganas.

Penyakit yang berhubungan dengan gizi ; defisiensi protein, kalori, atau vitamin menyebabkan banyak penyakit, terutama di negara berkembang. Mal nutri dan penyakit infeksi merupakan penyebab seringnya kematian dinegara ini.

Penyakit metabolik ; penyakit yang diakibatkan oleh gangguan pada proses metabolik penting dalam tubuh.

Penyakit molekular ; penyakit yang diakibatkan oleh kelainan molekul tunggal yang menyebabkan abnormalitas produk melekulaar pada aktifitas selular

Penyakit Psikogenik ; penyakit ini mulai di dalam pikiran, berasal dari emosional atau psikologik dalam kaitannya dengan suatu gejala.

Penyakit Iatrogenik ;  suatu penyakit atau gangguan yang ditimbulkan secara tidak sengaja sebagai akibat pengobatan untuk beberapa gangguan kesehatan.

Penyakit Idioapatik ; penyakit yang penyebabnya tidak diketahui.
Diambil dari beberapa sumber, diantaranya :

Sumber : IP. Suiraoka, 2012., Penyakit Degeneratif, mengenal, mencegah dan mengurangi faktor risiko 9 penyakit degeneratif.

No comments:

Post a Comment