Thursday, June 20, 2013

Pengertian Penyakit Degeneratif.

Pengertian penyakit degeneratif : Setiap orang pasti akan mengalami fase yang sama dalam hidup ini, mulai dari lahir, bayi, anak – anak, remaja, beranjak dewasa danmenjadi tua. Seiring dengan berjalannya waktu tiap orang mengalami pergantian (regenerasi) sel – sel dalam tubuhnya. Secara alamiah sel tubuh juga mengalami penurunan dalam fungsinya akibat proses penuaan. Penurunan fungsi sel juga dapat terjadi pada penyakit degeneratis. Tetapi yang dimaksud dengan penyakit degeneratif disini adalah penurunan fungsi sel sebelum waktunya. Penyakit degeneratif dapat dicegah dengan cara meminimalkan faktor risiko penyebabnya.

Penyakit degeneratif adalah istilah medis untuk menjelaskan suatu penyakit yang muncul akibat proses kemunduran fungsi sel tubuh yaitu dari keadaan normal menjadi lebih buruk.
            Degeratif merupakan proses berkurangnya fungsi sel saraf secara bertahap tanpa sebab yang diketahui. Kondisi ini berakibat pada sel saraf yang sebelumnya berfungsi normal menjadi lebih buruk sehingga tak berfungsi sama sekali. Penyebab penyakit sering tidak diketahui, termasuk diantaranya kelompok penyakit yang dipengaruhi oleh faktor keturunan. Degeneratif menunjukkan proses yang lebih cepat dari kerusakan neuron, myelin dan jaringan dengan akibat timbulnya produk – produk degeneratif dan reaksi pengancuran sel yang hebat. Penyakit seperti itu menunjukkan adanya penurunan daya tahan sel saraf dan mengakibatkan kematian sel lebih cepat.
            Konsep diatas menunjukkan bahwa proses penuaan dan penyakit degeneratif dari sel mempunyai proses dasar yang sama. Semakin bertambahnya usia seseorang, maka semakin terasa adanya penyakit – penyakit, seperti : terasa kaku – kaku, kesulitan tidur, gemetar, hingga adanya disfungsi organ tubuh tertentu. Inilah yang disebut penyakit degeneratif, yaitu penyakit yang tidak diketahui penyebabnya sehingga sukit disembuhkan kecuali hanya dicegah dan diminimalisasi baik rasa maupun dampaknya bagi tubuh. Penyakit ini sejak usia 30 an tahunpun sudah bisa menyerang, apakagi pada usia 40, 50 dan 60 tahun, untuk itu perlu diwaspadai dan dicegah sedini mungkin timbilnya penyakit ini.
            Ada sekitar 50 penyakit degeneratif. Penyakit yang termasuk dalam kelomook ini antara lain Diabetes melitus, Stroke, Jantung koroner, Kardiovaskular, Obesitas, Dislipidemia, Osteoporosis, Osteoartritis, Prostatitis dsb.

Diambil dari beberapa sumber, diantaranya :

Sumber : IP. Suiraoka, 2012., Penyakit Degeneratif, mengenal, mencegah dan mengurangi faktor risiko 9 penyakit degeneratif.

No comments:

Post a Comment