Monday, July 8, 2013

Seputar Semarang ; TUGU MUDA dan LAWANG SEWU

TUGU MUDA dan LAWANG SEWU

Tugu Muda Semarang.
Tugu muda terletak di jangtung kota Semarang, yaitu di pertemuan antara 1).  jalan dr. Sutomo, 2). jalan Pandanaran, 3). jalan Pemuda, 4. jalan Imam Bonjol dan 5). jalan Soegijopranoto. Disekitar Tugu Muda Semarang terdapat bangunan – bangunan diantaranya : Lawang Sewu, Wisma Perdamaian, Museum Perjuangan Mandala Bhakti.
Tugu Muda adalah sebuah monumen yang dibuat untuk mengenang jasa – jasa para pahlaean yang telah gugur dalam Pertempuran Lima Hari di Semarang. Tugu muda ini menggambarkan semangat juang dan patriotisme warga Semarang, khususnya para pemuda yang gigih, rela berkorban dengan semangat yang tinggi mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.
Tugu Muda dilengkapi dengan taman, air mancur dan lampu – lampu untuk meningkatkan keindahan dan keramahan lingkungan. Setiap hari, terutama pada hari – hari libur dijadikan oleh sebagian warga Semarang dan luar Semarang untuk tempat bermain.
     
Lawang Sewu Semarang.
Masyarakat Semarang menyebutnya dengan Lawang Sewu dalam bahasa Jawa  yang bisa diartikan Pintu Seribu. Hal ini untuk menyebutkan sesuatu dalam hal ini pintu yang sangat banyak. Kenyataannya pintu yang ada tidak sampai 1000, jendela – jendela yang ada juga sangat besar dan lebar untuk ukuran sekarang.
Lawang sewu merupakan bangunan peninggalan kolonial Belanda, dibangun pada tahun 1904. Semula gedung ini untuk kantor pusat perusahaan kereta api penjajah Belanda atau NIS.

Diambil dari berbagai sumber, diantaranya :

No comments:

Post a Comment