Tuesday, July 16, 2013

KISTA RONGGA MULUT : Odontogen cyste

Cyste Primordial.
             Cyste primordial termasuk dalam cyste odontogen, yaitu cyste yang berasal dari epitel organ email yang membentuk benih gigi normal atau berasal dari benih gigi yang berlebih. Cairan kolesterol yang dibentuk makin lama makin bertambah banyak menyebabkan cyste makin bertambah besar.

Terdapat lapisan epitel yang mengelilingi jaringan ikat yang mengalami keratinasi, jika berasal dari benih gigi normal maka gigi tersebut bisa impaksi.
Sering dijumpai pada regio M3 dan kadang meluas ke ramus acendens dan biasanya merupakan cyste yang multi nuclear.

Cyste Gingiva.
Sisa epitel dari lamina dentalis dapat membentuk cyste kecil yang dapat terlihat sebagai kista gingiva. Dilapisi oleh lapisan epitel yang tipis dan juga terdapat massa seperti keratin.
Gambaran klinis berupa pembengkakan kecil pada gingiva.

Cyste Erupsi.
Terjadi pada gigi yang hendak erupsi dan ditutupi oleh lampisan mukosa, pada lapisan epitel yang mengelilingi terdapat jaringan ikat fibrous yang mengandung cel inflamasi.

Cyste Dentigerous.
Kista yang didalamnya terdapat mahkota atau sebagian mahkota gigi, bedanya dengan kista erupsi adalah pda kista erupsi terjadi pada gigi yang akan / sedang erupsi.
Biasnya hanya mahkota gigi saja yang terdapat dalam ruangan kista, akar gigi bebas. dapat dijumpai pada gigi permanen, gigi decidui, ataupun gigi supernumeralis
Kista ini dibagi dalam :
  • type central : kista meliputi korona gigi secara simetris, sehingga korona gigi terdapat disentral, paling banyak dijumpai.
  • type lateral : berkembang pada sisi lateral gigi, tidak banyak terjadi.
  • type multipel : terdiri atas banyak kista dan terjadi sebagai akibat proses degenerasi dari sekelompok cel lamina dentalis yang kemudian menjadi kista.

Cyste Periodontal Lateral.
  • Berhubungan dengan gigi vital
  • Kista ini jarang terdapat, lokasinya sering pada regio caninus dan premolar.
  • Berasal dari membrana periodontal pada sisi lateral gigi dan ada kemungkinan timbul dari sisa - sisa epitel malassez yang sering terdapat pada membrana periodontal. 
  • Terdapat epitel stratified squamous pada tepi sekelilingnya, bersama - sama dengan capsule terdiri dari jaringan ikat fibrous 
Cyste Periodontal.

  1. Berhubungan dengan gigi non vital
  2. Paling sering terdapat dalam rongga mulut
  3. Ukuran besar bermacam - macam
  4. Dalam membrana periodontal terdapat  selelompok sel epitel yang disebut cel - cel sisa dari malassez merupakan sisa dari lapisan epitel Hertwig.
  5. Macam kista periodontal :
  • type radiculair : terdapat diujung apex, terjadi karena infeksi yang melalui saluran akar gigi, sehingga merangsang sel Malassez untuk membentuk kista
  • type residual : pada pasien yang tidak bergigi, timbul karena akibat dari pencabutan gigi yang tidak bersih.

Diambil dari beberapa sumber, diantaranya :
Mundiyah Mokhtar, 1978. Ilmu Penyakit Mulut dan Gigi



1 comment:

  1. wihh nice info, saya pengunjung setia web anda
    kunjung balik, di web kami banyak penawaran dan tips tentang kesehatan
    Ada artikel menarik tentang obat tradisional yang mampu menyembuhkan penyakit berat, cek yuk
    http://goldengamat.biz/obat-tradisional-splenomegali/

    ReplyDelete