Sunday, July 28, 2013

Pengertian, Penyebab HALITOSIS

Bau nafas

Bau napas atau bau mulut (halitosis) merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan bau yang tidak sedap yang keluar dari mulut saat mengeluarkan udara, baik ketika berbicara maupun bernafas. Munculnya bau tidak sedap dikarenakan oleh beberapa hal, namun yang paling sering adalah adanya masalah pada organ pencernaan serta kondisi kesehatan gigi dan mulut yang tidak baik.


Penyebab Bau Mulut (halitosis) :

Kebersihan Gigi dan Mulut Rendah
Tingkat kebersihan gigi dan mulut diukur dengan adanya kotoran / sisa makanan yang menempel pada gigi, dan banyaknya karang gigi / kalkulus pada gigi yang bersangkutan. Sisa makanan dan karang gigi yang tidak dibersihkan secara teratur akan menumpuk pada permukaan gigi dan karang gigi bisa masuk ke dalam gusi, yang selanjutnya bisa membusuk dan menimbulkan bau mulut.

Penyakit gusi.
a.      Gingivitis
b.      Periodontitis

Bakteri.
Bau mulut disebabkan oleh bakteri yang tumbuh di dalam mulut. Bila gigi tidak dibersihkan secara teratur, bakteri akan menumpuk pada mulut dan menyelinap diantara gigi – geligi. Senyawa dari bakteri ini membuat baunapas tidak sedap.
Bakteri mulut yang terdapat pada sela – sela gigi, lubang gigi, dan permukaan lidah atau tonsil (amandel), apabila dibiarkan terlalu lamal tanpa dibersihkan, akan mengeluarkan gas yaang kurang sedap yang berefek  pada bau yang dikeluarkan oleh mulut.

Tonsil :
Lubang pada bagian dalam tonsil (amandel) yang sisebut crypts merupakan salah satu biang keladi munculnya bau tak sedap pada mulut. Pada tonsil yang membengkak, sering terselip sisa makanan dan kuman sehingga menimbulkan bau mulut yang tidak sedap.

Gangguan perut :
Gangguan pada perut atau usus dapat menyebabkan bau mulut menjadi tidak sedap, terutama saat bersendawa. Diet rendah karbohidrat juga menyebabkan ketosis, pembakar lemak dalam tubh yang menyebabkan bau “naga”.

Mulut kering :
Kurang minum air dan mulut kering juga merupakan kontributor penyebab masalah bau mulut. Karena itulah ketika bangun tidur pada pagi hari, bau mulut kurang sedap.

Gigi rusak :
Gigi berlubang, banyak plak, karang gigi, dan gigi rusak yang tidak dirawat, dapat menjadi penyebab bau mulut tidak enak. Gigi semacam ini menjadi sarang kuman dan tempat sisa makanan yang tidak dapat dibersihkan secara tuntas hingga akhirnya membusuk, serta dapat menyebarkan bau mulut yang tidak sedap. Lidah dan gusi bengkak juga bisa menjadi sumber bau mulut tidak sedap bila tidak pernah dibersihkan.

Penyakit :
Bau mulut sebagai pertanda gejala penyakit adalah bau mulut yang timbul akibat adanya penyakit atau peradangan pada organ tubuh.

Diambil dari beberapa sumber, diantaranya :
Manson & Ele, 1993 ;  terj. Buku Ajar Periodonti
Mundiyah Mokhtar, 1987 ; Ilmu Penyakit Mulut dan Gigi.
Endah Kusumawardani, 2011 ; buruknya Kesehatan Gigi dan Mulut.






No comments:

Post a Comment