Saturday, July 13, 2013

NERVUS MAXILARIS :

Syaraf ke gigi - geligi rahang atas 
Nervus maxillaris merupakan divisi dua dan merupakan nervus sensorik.
Ukuran dan posisinya berada di tengah-tengah nervus opthalmicus dan mandibularis. N. maxillaris bermula dari pertengahan ganglion semilunar sebagai berkas berbentuk pleksus dan datar dan berjalan horizontal ke depan keluar dari cranium menuju foramen rotundum yang kemudian bentuknya menjadi lebih silindris dan teksturnya menjadi lebih keras. N. maxillaris lalu melewati fossa pterygopalatina, menuruni dinding lateral maxilla dan memasuki cavum orbital lewat fissure orbitalis inferior.Lalu melintasi fissure dan canalis infraorbitalis dan muncul di foramen infraorbital. Akhiran sarafnya terletak di bawah musculus quadratus labii superioris dan terbagi menjadi serabut yang lebih kecil yang mengincervasi hidung, palpebra bagian bawah dan bibir superior bersatu dengan serabut nervus facial.


Cabang-cabang n. maxillaris terbagi menjadi empat bagian yang dipercabangkan di cranium, fossa pterygopalatina, canalis infraorbitalis dan pada wajah.
1.    Nervus meningea medius
    Mengeluarkan nervus maxillaris langsung setelah keluar dari ganglion semilunar. Berjalan bersama dengan arteri meningea media dan mensupai duramater.
2.    Nervus zygomaticus
Muncul di fossa pterygopalatina, memasuki cavum orbita lewat fissura orbitalis onferior dan terbagi menjadi nervus zygomaticotempolar dan zygomaticofacial.
3.    Nervi sphenopalatina
Terdiri atas dua cabang, turun menjadi ganglion sphenopalatina
4.    Nervus alveolaris superior posterior
Muncul dari cabang nervus tepat sebelum memasuki fissura infraorbitalis. Biasanya berjumlah dua, tetapi kadang-kadang muncul sebagai cabang tunggal. Mereka masuk ke tuberositas maxilla dan mengeluarkan cabang yang lebih kecil lagi menginervasi gingiva dan membran mukosa pipi. Lalau masuk ke canalis alveolaris posterior pada permukaan infratemporal maxilla dan melewati bagian belakang tulang, berhubungan dengan nervus alveolaris superior medius danm mengeluarkan cabang untuk menginervasi membran yang melapisi sinus maxillaris dan tiga cabang pada setiap gigi molar.Cabang-cabang ini memasuki foramen apikal gigi.
5.    Nervus alveolaris superior medius
Dipercabangkan dari nervus pada bagian posterior canalis infraorbitalis dan berjalan turun dan ke anterior pada canalis pada dinding lateral sinus maxillaris untuk menginervasi dua gigi premolar. Nervus ini membentuk plexus dentalis dengan cabang-cabang alveolaris posterior dan anterior.
6.    Nervus alveolaris superior anterior
Dipercabangkan dari nervus maxillaris segera setelah keluar dari foramen infraorbitalis, berjalan menurun pada canalis pada dinding anterior sinus maxillaris dan terbagi menjadi cabang yang menginervasi gigi-gigi caninus dan incisivus.
Nervus ini berhubungan dengan cabang alveolaris superior medius dan mengeluarkan cabang nasal yang melewati canalis kecil pada dinding lateral meatus nasalis inferior dan dasar cavum nasi, berhubungan dengan cabang nasal dari ganglion sphenopalatina.
7.    Rami palpebra inferior
8.    Rami nasalis externus
9.    Rami labii superior


Materi Kuliah Dasar – dasar Pencabutan Gigi oleh :

drg. Iman Supardan, Mkes.

No comments:

Post a Comment