Monday, July 15, 2013

PENDIDIKAN KESEHATAN GIGI : Pengertian

Usaha terencana dan terarah untuk menciptakan suasana agar individu atau kelompok masyarakat mau mengubah perilaku lama yang kurang menguntungkan untuk kesehatan gigi, menjadi lebih menguntungkan untuk kesehatan gigi yang bersangkutan atau kelompoknya.

Untuk menanggulangi masalah kesehatan gigi di Indonesia diantaranya dilakukan program pendidikan kesehatan gigi untuk individu ataupun kelompok. Program pendidikan kesehatan gigi merupakan salah satu program yang harus dilaksanakan secara terpadu dengan usaha kesehatan lainnya dan ditujukan kepada individu / pengunjung fasilitas kesehatan maupun kelompok masyarakat.
Dalam mendukung pelaksanaan pendidikan kesehatan gigi agar dapat berhasil dengan baik kepada masyarakat, perlu dilakukan usaha – usaha :
1.   Meningkatkan kemampuan keterampilan sumber daya manusia sebagai pendidik di bidang kesehatan        gigi.
2.    Mengadakan sarana dan prasarana untuk menunjang kegiatan pendidikan kesehatan gigi yang                        dilaksanakan
3.    Meningkatkan kemampuan perencanaan program pendidikan kesehatan gigi.
Pendidikan kesehatan gigi dapat dilaksanakan di klinik gigi untuk setiap pengunjung klinik gigi, di sekolah melalui program UKGS, dan di masyarakat melalui organisasi kemasyarakatan, seperti ; PKK, Posyandu, Karang Taruna.
Pendidikan kesehatan gigi untuk kelompok anak – anak dapat dikatagorikan :
1.      Memotivasi untuk memulai menggosok gigi
2.      Menentukan frekuensi menggosok gigi, dua kali sehari
3.      Mendorong kerjasama yang lebih erat antara anak dengan orang tua / ibu sebagai pembimbing dalam             menggosok gigi anak
4.      Memotivasi anak dan orang tua agar bersikap positif terhadap upaya menggosok gigi.
5.      Anak diberi motivasi agar rajin menggosok gigi dengan bimbingan orang tua
6.     Petugas kesehatan gigi, agar senantiasa memberi motivasi kepada anak dan membimbing untuk                     menggosok gigi.

Diambil dari berbagai sumber, diantaranya :

Budiharto, 2010., Pegantar Ilmu Perilaku Kesehatan dan Pendidikan Kesehatan Gigi.

No comments:

Post a Comment