Friday, July 19, 2013

ANESTESI GIGI : Macam anestesi, topikal anestesi

MACAM ANESTESI :
1.      Anestesi total / umum :
Hilangnya kesadaran total
2.      Anestesi regional :

Hilangnya rasa pada bagian yang lebih luas dari tubuh oleh blokade selektif pada jaringan spinal atau saraf yang berhubungan dengannya
3.      Anestesi lokal :
·         Non injeksi :
o   Topikal anestesi
·         Injeksi
o   Infiltrasi anestesi
o   Block anestesi

a.      Topikal anestesi :
Anastesi topikal yaitu pengolesan analgetik lokal diatas selaput mukosa.Anestesi topikal diperoleh melalui aplikasi agen anestesi tertentu pada daerah kulit maupun membran mukosa yang dapat dipenetrasi untuk memblok ujung-ujung saraf superfisial. Semua agen anestesi topikal sama efektifnya sewaktu digunakan pada mukosa dan menganestesi dengan kedalaman 2-3 mm dari permukaan jaringan jika digunakan dengan tepat.

Menghilangkan rasa sakit di bagian permukaan saja karena yang dikenai hanya ujung-ujung serabut urat syaraf. Anestesi lokal diabsorpsi dengan kecepatan yang berbeda pada membran mukosa yang berbeda.Anestei topical diperoleh melalui aplikasi agen anestesi tertentu pada daerah kulit dan membrane mukosa yang dapat dipenetrasi untuk mengebalkan ujung-ujung saraf superficial. Anestesi ini paling sering digunakan untuk mengebalkan mukosa sebelum dilakukan penyuntikan. Semprotan yang mengandung agen anestesi lokal tertentu dapat digunakan untuk tujuan ini karena aksinya berjalan cukup cepat. Bahan aktif yang terkandung dalam larutan adalah lignokain hidroklorida 10% dalam basis air yang dikeluarkan dalam jumlah kecil dari container aerosol atau yang akrab disebut "semprotan chlor ethil".

No comments:

Post a Comment