Friday, July 5, 2013

SARUNG TANGAN

MENGAPA PAKAI SARUNG  TANGAN ?.

Pekerjaan bidang kesehatan bagi tenaga kesehatan khususnya tenaga medis dan para medis atau tenaga lainnya yang langsung berinteraksi dengan pasien atau preparat, sangat rentan terhadap penularan penyakit. Penularan penyakit dapat terjadi dari pasien pada tenaga kesehatan, dari pasien satu pada pasien lainnya, atau dari tenaga kesehatan ke pasien.

Cuci tangan dan penggunaan sarung tangan, merupakan komponen kunci dalam meminimalkan penularan penyakit serta mempertahankan lingkungan bebas infesi (Garner dan Favero, 1986).
Kegunaan atau manfaat pemakaian sarung tangan :
1.     Mengurangi resiko petugas terkena infeksi bakterial dari pasien
2.     Mencegah penularan  flora kulit petugas kepada pasien
3. Mengurangi kontaminasi tangan petugas kesehatan dengan mikroorganisme yang dapat berpindah dari satu pasien ke pasien lainnya (kontaminasi silang)
Walaupun telah terbukti berulang kali sangat efektif mencegah kontaminasi pada tangan petugas kesehatan sarung tangan tidak dapat menggantikan perlunya cuci tangan. Sarung tangan kualitas terbaikpun mungkin mempunyai kerusakan kecil yang tidak tampak. Selain itu sarung tangan juga dapat robek sehingga tangan dapat terkontaminasi sewaktu melepaskan sarung tangan.
Untuk menghindari terjadinya kontaminasi, cuci tangan atau menggunakan penggosok antiseptik sebelum dan sesudah menggunakan sarung tangan sangat bermanfaat.
         Sarung tangan pemeriksaan atau sarung tangan rumah tangga harus dipakai, bilamana :
1.    Akan terjadi kontak tangan pemeriksa dengan darah, selaput lendir, atau kulit yang terluka.
2.  Akan melakukan tindakan medik invasif (misal pemasangan alat vaskular).
3.     Akan membersihkan sampah terkontaminasi atau memegang permukaan yang terkontaminsasi.
Jenis sarung tangan :
1.  Sarung tangan bedah, dipakai sewaktu melakukan tindakan invasif atau pembedahan.
2.  Sarung tangan pemeriksaan, dipakai untuk melindungi petugas kesehatan sewaktu melakukan pemeriksaan atau pekerjaan rutin.
3. Sarung tangan rumah tangga, dipakai sewaktu memroses peralatan, menangani bahan – bahan terkontaminasi, dan sewaktu membersihkan permukaan terkontaminasi.

Diambil dari berbagai sumber, diantaranya :
 Iman Supardan, 2013., Foto – foto Pribadi
Linda Tietjen, dkk. 2004., terj. Panduan Pencegahan Infeksi untuk fasilitas pelayanan kesehatan dengan sumber daya terbatas.


1 comment:

  1. saya sedang perawatan behel di slh satu drg. selama 1 thn perawatan saya mrsa tdk nyaman krn drg tsb kurang higienis (tdk pakai sarung tangan dan tidak cuci tangan sblm merawat pasien). sbg pasien apakah saya berhak utk pindah ke drg lain?

    ReplyDelete