Saturday, July 13, 2013

NERVUS MANDIBULARIS

syaraf gigi - geligi rahang bawah
Nervus mandibularis menginervasi gigi dan gingiva rahang bawah, kulit pada regio temporal, auricular, bibir bagian bawah, bagian bawah wajah, musculus mastikasi, dan membran mukosa lidah 2/3 anterior. Nervus mandibularis adalah nervus terbesar dari ketiga divisi dan terdiri atas dua radiks: mayor, radiks sensorik keluar dari sudut inferior ganglion semilunar dan radiks motorik minor (bagian motorik dari trigeminus) yang melewati di bawah ganglion dan bersatu dengan radiks sensorik, langsung setelah keluar dari foramen ovale. Selanjutnya, di bawah basis cranium, nervus tersebut mengeluarkan dari sisi medial cabang recurrent (nervus spinosus) dan nervus yang mempersarafi pterygoideus internus dan kemudian terbagi menjadi dua cabang : anterior dan posterior.


Cabang NV3 :
1.      Divisi anterior :
a.      Nervus masseterica
Berjalan lateral di atas nervus pterygoideus externus, di depan TMJ dan di belakang tendon temporalis, kemudian melewati notch mandibularis bersama dengan arteri masseterica menuju permukaan dalam musculus masseter yang kemudian mengalami ramifikasi pada border anteriornya. Nervus ini juga menginervasi TMJ.
b.      Nervus temporalis profundal
Berjumlah dua, anterior dan posterior. Mereka melewati bagian atas nervus pterygoideus externus dan masuk ke permukaan dalam musculus temporalis. Cabang posterior yang ukurannya lebih kecil terletak pada bagian belakang fossa temporalis dan kadang dipercabangkan dengan nervus massterica. Cabang anterior kadang mempercabangkan nervus buccinator.
c.       Nervus buccinator
Menginervasi kulit pada buccinator, musculus buccinator dan membran mukosa yang melapisi permukaan dalamnya.
d.      Nervus pterygoideus externus
Menginervasi musculus pterygoideus externus
2.      Divisi posterior :
a.      Nervus auricotemporalis
Biasanya mempercabangkan dua radiks diantara arteri meningea media ascendens.
Nervus ini berjalan di bawah nervus pterygoideus externus menuju bagian medial dari ramus mandibula. Kemudian berjalan melingkar dengan artery temporalis superficialis diantara auricula dan condylus mandibula, di bawah glandula parotis, naik ke arcus zygomaticus dan terbagi menjadi rami termporalis superfisialis.
b.      Nervus lingualis
Menginervasi membran mukosa 2/3 anterior lidah. Awalnya terletak di bawah n. pterygoideus internus lalu menuju medial dan kemudian di bawah nervus alveolaris inferior dan kadang bergabung dengan n. pterygoideus externus yang mungkin meng-cross arteri maxillaris internus. Chorda tympani juga bergabung. Nervus ini kemudian lewat diantara pterygoideus internus dan ramus mandibula dan lewat secara oblik pada lidah pada m. constrictor pharingis superior dan styloglossus dan kemudian di antara hyoglossus dan bagian dalam glandula submaxillaris. Akhirnya nervus ini berjalan melewati ductus submaxillaris dan berakhir pada ujung lidah.
c.       Nervus alveolaris inferior
Merupakan cabang terbesar dari nervus mandibularis. Menurun bersama dengan arteri alveolaris inferior. Awalnya terletak di bawah pterygoideus externus lalu kemudian berjalan diantara ligamen sphenomandibula dan ramus mandibula menuju foramen mandibula. Nervus ini kemudian lewat canalis mandibularis, di bawah gigi-gigi lalu akhirnya muncul di foramen mental dimana disana dikeluarkan cabang incisivus dan mentalis.
d.      Nervus mylohyoideus
inervasi musculus mylohyoideus dan musculus digastricus venter anterior
e.       Nervus dentalis
mensuplai gigi-gigi molar dan premolar
f.       Nervus incisivus
menginervasi gigi caninus dan incisivus
g.      Nervus mentalis
inervasi kulit dagu dan membran mukosa pada bibir bawah.
Materi Kuliah Dasar – dasar Pencabutan Gigi oleh :
drg. Iman Supardan, Mkes.

No comments:

Post a Comment