Pengertian Motivasi.
Flipo (1984) merumuskan bahwa motivasi adalah suatu arahan
pegawai dalam suatu organisasi agar mau bekerja sama dalam mecapai keinginan
para pegawai dalam rangka pencapaian keberhasilan organisasi. sedangkan menurut Terry G (1986), motivasi merupakan keinginan yang terdapat pada diri seseorang individu yang mengdorongnya untuk melakukan perbuatan (perilaku).
Dalam diri seseorang terdapat kebutuhan atau keinginan (wants) situasi diluar obyek tersebut, kemudian bagaimana seseorang menghubungkan antara kebutuhan dengan situasi luar obyek tersebut dalam rangka memenuhi kebutuhan yang dimaksud. oleh sebab itu, motivasi adalah suatu alasan (reasoning) seseorang untuk bertindak dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya.
Tujuan Motivasi.
Secara umum
tujuan motivasi adalah untuk menggerakan atau menggugah seseorang agar timbul keinginan
dan kemauannya untuk melakukan sesuatu sehingga dapat memperoleh
hasil atau mencapai tujuan tertentu.
Keberhasilan
suatu institusi atau organisasi ditentukan oleh dua faktor utama, yakni sumber
daya manusia, karyawan atau tenaga kerja, sarana dan prasarana pendukung atau
fasilitas kerja. Sumber daya manusia atau karyawan , lebih penting daripada
sarana prasarana pendukung. Motivasi
dalam organisasi mempunyai maksud dan tujuan yang sangat luas.
Tujuan motivasi
1. mendorong gairah dan semangat kerja pegawai atau karyawan
2. meningkatkan kepuasan kerja karyawan, yang akhirnya akan meningkatkan
kinerjanya
3. meningkatkann produktifitas kerja karyawan
4. meningkatkan
loyalitas dan integritas karyawan
5. meningkatkan kedisiplinan karyawan
6. meningkatkan kehadiran karyawan.
diambil dari berbagai sumber, diantaranya :
Soekidjo Notoatmodjo, 2007., Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku.
No comments:
Post a Comment