Friday, July 12, 2013

MOTIVASI KERJA : Pengertian dan Tujuan

Pengertian Motivasi. 
       Flipo (1984) merumuskan bahwa motivasi adalah suatu arahan pegawai dalam suatu organisasi agar mau bekerja sama dalam mecapai keinginan para pegawai dalam rangka pencapaian keberhasilan organisasi. sedangkan menurut Terry G (1986), motivasi merupakan keinginan yang terdapat pada diri seseorang individu yang mengdorongnya untuk melakukan perbuatan (perilaku).

        Dalam diri seseorang terdapat kebutuhan atau keinginan (wants) situasi diluar obyek tersebut, kemudian bagaimana seseorang menghubungkan antara kebutuhan dengan situasi luar obyek tersebut dalam rangka memenuhi kebutuhan yang dimaksud. oleh sebab itu, motivasi adalah suatu alasan (reasoning) seseorang untuk bertindak dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya. 

Tujuan Motivasi. 
       Secara umum tujuan motivasi adalah untuk menggerakan atau menggugah seseorang agar timbul keinginan dan kemauannya untuk melakukan sesuatu sehingga dapat memperoleh hasil atau mencapai tujuan tertentu.
Keberhasilan suatu institusi atau organisasi ditentukan oleh dua faktor utama, yakni sumber daya manusia, karyawan atau tenaga kerja, sarana dan prasarana pendukung atau fasilitas kerja. Sumber daya manusia atau karyawan , lebih penting daripada sarana prasarana pendukung.  Motivasi dalam organisasi mempunyai maksud dan tujuan yang sangat luas.  
Tujuan motivasi
         1. mendorong gairah dan semangat kerja pegawai atau karyawan
         2. meningkatkan kepuasan kerja karyawan, yang akhirnya akan meningkatkan kinerjanya
         3. meningkatkann produktifitas kerja karyawan
         4. meningkatkan loyalitas dan integritas karyawan
         5. meningkatkan kedisiplinan karyawan
         6. meningkatkan kehadiran karyawan.

diambil dari berbagai sumber, diantaranya :
Soekidjo Notoatmodjo, 2007., Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku.

No comments:

Post a Comment