Sunday, August 18, 2013

LESI RONGGA MULUT

            Lesi adalah suatu istilah yang menunjukan keadaan jaringan tubuh dalam keadaan tidak normal. Dapat terjadi karena adanya proses penyakit baik akibat infeksi, masalah metabolisme, autoimun, maupun trauma (fisik, elektrik, kimiawi).


Lesi mukosa mulut :
Suatu lesi yang terdapat dan mengenai jaringan tubuh pada rongga mulut. Istilah – istilah yang digunakan untuk menggambarkan lesi mukosa mulut :
1.    Erosi : hilangnya sebagian permukaan epitelium tanpa terbukanya lapisan – lapisan yang lebih dalam atau jaringan ikat dibawahnya.
2.      Ulser : Hilangnya seluruh ketebalan epitelium dan terbukanya jaringan dibawahnya
3.      Vesikel : akumulasi airan ang berbatas jelas, mempunyai diameter besar, yaitu lebih dari 5 mm. Bisa intraepitelial dan tunggal atau jamak
4.   Bulla : akumulasi cairan yang berbatas jelas, mempunyai diameter 5 mm. Mungkin intraepiteliah atau subepitelial dan tunggal atau jamak
5.      Papula : daerah meninggi yang sempit, berbatas jelas (istilah ini lebih sering digunakan untuk menggambarkan abnormalitas kutaneus dari pada lesi mukosa)
6.      Makula : daerah yang mengalami perubahan warna yang berbatas jelas. Mungkin kecil atau besar dan tunggal atau jamak.



Diambil dari beberapa sumber, diantaranya :
Mundiyah Mokhtar, 1978. Ilmu Penyakit Mulut dan Gigi
Lewis, dkk, 1998., Clinical Oral Medicine



No comments:

Post a Comment