Friday, August 2, 2013

KANKER MULUT ; Pengantar

            Tumor yang kecil biasanya tidak disertai rasa sakit, lain halnya dengan luka lain di mulut seperti : herpes, apthosa atau lesi inflamasi yang lain. Tetapi sebaliknya setiap kita jumpai luka yang sakit janganlah kita mengabaikan adanya tumor.

Tumor yang kecil dapat terlihat sebagai suatu jaringan yang elihatan seperti benih yang kemerah-merahan (fleshy) atau semacam veruca (kutil) atau suatu bercak leukoplakia yang datar, atau suatu ulcus infiltrasi (keras disekitarnya).
Pada bibir tampak sebagai suatu ulcus infeiltrasi yang kecil. Pada permukaan tumor kecil ini tidaklah menampakkan rupa yang dapat memberikan kesan bahwa jika tindakan kita ditunda beberapa minggu dapat merubah menentukan kematian pasien. Dari tumor yang kecil dapat tumbuh menjadi luka yang mulai dirasa oleh pasien tidak enak.
Rasa sakit tidak nyata, dan kalau sudah melewati beberapa minggu sampai beberapa bulan pasien baru datang ke dokter, untuk meminta pertolongan. Terlihat adanya luka dan biasanya karakteristik hanya pada yang proliferatif, relatif terasa lunak.




Diambil dari beberapa sumber, diantaranya :
Mundiyah Mokhtar, 1978. Ilmu Penyakit Mulut dan Gigi



No comments:

Post a Comment