Friday, November 29, 2013

UKGS TAHAP II


UKGS tahap II (Paket Standar UKGS)
Pelayanan kesehatan gigi dan mulut untuk murid SD dan MI sudah terjangkau oleh tenaga dan fasilitas kesehatan gigi dan mulut yang terbatas, kegiatannya adalah :

1.      Pelatihan kepada Gugu Pembina UKS dan dokter kecil tentang pengetahuan kesehatan gigi dan mulut secara terintegrasi. Pelatihan dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan dengan nara sumber tenaga kesehatan gigi dan mulut.
2.      Pendidikan dan penyuluhan kesehatan gigi dilaksanakan oleh guru penjaskes / guru pembina UKS / dokter kecil sesuai dengan kurikulum yang berlaku untuk semua murid kelas I – VI, dilaksanakan miniimal  satukali tiap bulan
3.      Pencegahan penyakit gigi dan mulutdengan melaksanakan kegiatan sikat gigi bersama setiap hari minimal untuk kelas I – III dibimbing oleh guru dengan memakai pasta gigi yang mengandung fluor.
4.      Pengobatan darurat untuk menghilangkan rasa oleh guru
5.   Penjaringan kesehatan gigi dan mulut untuk kelas I pada awal tahun ajaran diikuti dengan pencabutan gigi sulung yang sudah waktunya tanggal, dengan persetujuan tertulis (informed consent) dari orang tua dan tindakan dilakukan oleh tenaga kesehatan gigi dan mulut.
6.    Surface protection pada gigi molar tetap yang sedang tumbuh (dilakukan di sekolaleh atau dirujuk sesuai kemampuan), bila pada penjaringan murid kelas I dijumpai murid dengan gigi tetap ada yang karies atau bila gigi susu karies lebih dari 8 gigi bagi fissure sealant pada gigi molar yang sedang tumbuh.
7.      Rujukan bagi yang memerlukan.
Diambil dari berbagai sumber, diantaranya :
Pedoman UKGS, 2012




No comments:

Post a Comment