Friday, February 21, 2014

Pengertian Manajemen


Manajemen dibutuhkan untuk tipe kegiatan yang diorganisasi dan dalam semua  tipe oorganisasi. Manajemen dibutuhkan dimana saja orang – orang bekerja bersama (organisasi) untuk mencapai suatu tujuan bersama.

Dalam perjalanan hidupnya  manusia selalu kan menjadi anggota dari berbagai macam organisasi, seperti  organisasi sekolah, perkumpulan olah raga, kelompok kesenian ataupun orgnisasi lainnya yang ada di masyarakat. Organisasi – organisai ini mempunyai persamaan dasar, walaupun dalam beberapa hal dapat berbeda satu dengan yang lain. Organsasi perusahaan atau institusi pemerintahan dikelola secara lebih formal, dibanding kelompok kesenian, oleh raga atau kegiatan lain yang ada disekitar masyarakat kita. Namun ada persamaan terutama dalam pencerinan fungsi – fungsi manajerial yang dijalankan.
Sebagai ilmu pengetahuan, manajemen juga bersifat universal, dan menggunakan kerangka ilmu pengetahuan yang sistematis, mencakup kaidah – kaidah, prinsip –prinsip an konsep – konsep yang cenderung benar dalam situasi manajerial.
Bila seorang manajer mempunyai pengetahuan dasar manajemen dan mengetahui  cara menerapkan pada situasi yang ada, dia akan dapat melakukan fungsi – fungsi manajerial dengan efisien dan efektif. Seorang manajer tentu harus cukup eksibel untuk menyesuaikan diri dengan situsi baru dan perubahan lingkungan.

Mengapa Manajemen dibutuhkan ?.
Ada tiga alasan tama diperlukannya manajemen :
a.       Untuk mencapai tujuan.
b.      Untuk menjaga keseimbangan dintara tujuan – tujuan yang saling berttentangan.
c.       Untuk mencapai efisiensi dan efektifitas.


diambil dariberbagai sumber, diantaranya  :
Handoko, Hani T,. 2009,  Manajemen, BPFE – Yogyakarta.

No comments:

Post a Comment