Thursday, February 6, 2014

Pengertian dan Tujnuan Orthodonti


Pengertian Orthodontik
Ilmu ortodontik adalah gabungan ilmu dan seni yang berhubungan dengan perkembangan,  merawat anomaly gigi geligi, rahang, dan muka serta pengaruhnya terhadap kesehatan fisik, estetik dan mental.

Dalam orthodonti kita kenal beberapa cabang ilmu yang saling terkait dan berhubungan, misal;
Ilmu Orthodonti pencegahan adalah ilmu yang mempelajari segala macam usaha untuk mencegah terjadinya kelainan oklusi (maloklusi). Orthodonti pencegahan merupakan bagian dari ilmu kedokteran gigi pencegahan (Preventive Dentistry). Berbeda dengan cabang ilmu kedokteran gigi yang lain yang memerlukan perawatan singkat, ortodonti pencegahan memerlukan perawatan yang lama, terus menerus mengikuti waktu pertumbuhan dan perkembangan dentofasial.Ortodonti pencegahan berarti tindakan yang dinamis, terus menerus dan disiplin bagi dokter gigi dan pasiennya.
Perawatan ortodonti adalah salah satu jenis perawatan yang dilakukan di bidang kedokteran gigi yang bertujuan mendapatkan penampilan dentofasial yang menyenangkan secara estetika yaitu dengan menghilangkan susunan gigi yang berjejal, mengoreksi penyimpangan rotasional dan apikal dari gigi-geligi, mengoreksi hubungan antar insisal serta menciptakan hubungan oklusi yang baik
Pergerakan gigi adalah basis dari perawatan ortodonti. Untuk dapat melakukan perawatan tersebut maka harus terjadi pergerakan gigi untuk mengembalikan posisi gigi yang menyimpang ke posisi yang baik sesuai dengan oklusinya, dan untuk dapat menggerakkan gigi tersebut diperlukan alat ortodonti, yang terdiri dari dua jenis yaitu alat lepasan dan alat cekat.
Alat cekat mempunyai tiga komponen dasar yaitu bracket, archwire dan assesori. Interaksi dari ketiga komponen ini menentukan cara berfungsinya suatu alat. Faktor-faktor mekanis yang menentukan pilihan komponen alat cekat berhubungan dengan gerakan gigi yang dikehendaki. Kekuatan yang dipergunakan harus sesuai dengan kekuatan optimal yang sudah ditentukan untuk berbagai jenis pergerakan gigi
Tujuan Perawatan Orthodontik.
Tujuan dari perawatan ortodontik sebagai suatu penciptaan hubungan – hubungan oklusal sebaik mungkin dalam kerangka estetika wajah yang dapat di terima dan stabilitas dari hasil akhirnya. Tentu tujuan utama dari perawatan ortodonti adalah mendapat penampilan dentofacial yang menyenangkan secara estetika dengan fungsi yang baik dengan gigi – gigi dalam posisi stabil.
Tujuan perawatan Ortodonsi adalah sebagai berikut :
a.       Menghilangkan susunan gigi berjejal
b.      Mengoreksi penyimpangan rotasional dan apical dari gigi geligi
c.       Mengoreksi hubungan antar insisal
d.      Menciptakan hubungan antar tonjol bukal yang baik
e.       Penampilan wajah yang menyenangkan
f.       Hasil akhir stabil.




No comments:

Post a Comment