Tuesday, September 3, 2013

Cara menjaga kesehatan gigi

Jaga mulut, GIGI & GUSI
tetap SEHAT
Oleh : Iman Supardan

Betapa penting peranan mulut bagi kita, bisa memberi kenikmatan, bisa jadi sumber yang tidak menyenangkan. Pernahkah merasakan derita sakit gigi?. Dah sakit ga ada yang nengok lagi ……………
Penyakit gigi dan mulut masih menjadi persoalan, berdasarkan Riskesdas 2007, 67,8 % penduduk propinsi Jawa tengah mempunyai pengalaman karies (gigi berlubang) rata – rata 5,4 gigi / orang. Perilaku menggosok gigi tiap hari 92,0 %, namun yang menggosok gigi dengan benar baru 4.5 %.


Tindakan yang diperlukan :
1.      Menjaga kebersihan gigi dan mulut.
2.      Penambalan gigi
3.      Pencabutan gigi
4.      Pembuatan gigi tiruan

Mengapa menyikat gigi?.
·         Agar kesehatan gigi dan mulut terjaga
·         Napas menjadi segar
·         Menyikat menghilangkan sisa makanan yang diperlukan untuk pembentukan plak pada permukaan gigi. Plak merupakan lapisan tipis, lengket dari sisa makanan, menempel pada permukaan gigi, mengandung bakteri, penyebab utama lubang gigi dan penyakit gusi, tumbuh 20 menit setelah makan. Cara menyikat gigi yang salah dapat mengakibatkan gigi abrasi.

Cara menyikat gigi :
·         Gerakan sikat gigi dengan lembut dan memutar.
·         Sikat bagian luar dan dalam permukaan gigi, setiap gigi atas dan bawah dengan posisi bulu sikat 450 berlawanan dengan garis gusi.
·         Gosok semua bagian permukaan gigi yang digunakan untuk mengunyah
·         Untuk membersihkan gigi depan bagian dalam (gigi rahang atas, langit – langit / gigi rahang bawah, lidah) gosok gigi dengan posisi tegak dan gerakkan perlahan melewati garis gusi kearah tumbuh gigi.
·         Untuk membersihkan gigi depan bagian luar (bibir) gosok gigi dengan posisi sedikit mendatar dan gerakkan perlahan melewati garis gusi kearah tumbuh gigi.
·         Dst cara sikat gigi
·         Sikat lidah untuk menyingkirkan bakteri dan agar napas lebih segar
·         Pilihlah sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut, karena yang keras dapat membuat gusi terluka dan menimbulkan abrasi pada gigi, penipisan struktur gigi terutama pada sekitar garis gusi
·         Ganti sikat gigi jika bulu sikat sudah rusak

·         Jangan pernah meminjamkan sikat gigi Anda.

No comments:

Post a Comment